TikTok adalah platform media sosial yang cukup baru. Itu telah melihat pertumbuhan yang signifikan selama dua tahun terakhir dan sekarang memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif per hari. Ini telah semakin populer di pasar internasional termasuk Amerika Serikat. Beberapa pemasar sangat sukses dengan platform ini sementara banyak lainnya gagal.
Dalam
laporan ini kami akan membagikan kepada Anda 8 rahasia sukses pemasaran dengan
TikTok. Jika Anda membaca laporan ini dan mengikuti saran di dalamnya maka Anda
akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan hasil yang Anda
inginkan.
Jadi
tolong baca laporan singkat ini dari awal sampai akhir dan ambil tindakan untuk
menciptakan kehadiran yang unggul di TikTok. Anda perlu memahami apa itu TikTok
dan siapa yang menyukainya dan mengapa. Semuanya ada di sini untuk Anda, jadi
mari kita mulai.
Hal
pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah produk dan
layanan yang Anda jual akan menarik atau tidak bagi anak-anak Generasi Z. Kita
berbicara tentang individu yang lebih muda di bawah 30 tahun di sini.
Tak
hanya itu, TikTok merupakan media visual yang terdiri dari klip video pendek
baik berdurasi 15 detik maupun 60 detik. Apakah itu cocok untuk bisnis Anda?
Apakah Anda ingin menghabiskan waktu membuat video pendek ini?
Pemasar
yang berhasil di TikTok memiliki produk yang menarik secara visual.
Alternatifnya, mereka membuat video yang menunjukkan produk mereka digunakan
dengan cara yang menarik secara visual. Ini sangat penting untuk kesuksesan
TikTok karena pengguna ingin dihibur. Mereka tidak ingin melihat video produk
membosankan yang tidak menyenangkan.
Musik
memainkan peran besar di platform. Sebagian besar video di TikTok memiliki
musik yang diputar di latar belakang. Ini mudah ditambahkan ke video Anda
karena TikTok memiliki galeri klip suara yang dapat Anda pilih. Jadi daripada
membuat video yang berisi banyak pembicaraan, Anda perlu menambahkan musik
latar yang bagus.
Merek-merek
sukses di TikTok memiliki kesan trendi tentang mereka. Ini penting untuk
menarik citra "anak keren" yang dimiliki platform. Bisakah bisnis
Anda menciptakan persona seperti itu? Apakah Anda bahkan ingin melakukan ini?
Pada
akhirnya, TikTok adalah tentang kesenangan. Saat Anda dapat mengaitkan
kesenangan dengan merek Anda di TikTok, maka Anda memiliki resep untuk sukses.
Video Anda akan disukai dan dibagikan dan bisa menjadi viral.
Menjadi
sukses di TikTok adalah tentang menarik perhatian basis penggunanya. Memiliki
nama profil yang bagus yang mencerminkan merek Anda adalah langkah ke arah yang
benar. Di profil Anda, Anda memiliki kesempatan untuk memberi tahu pengguna
TikTok tentang merek Anda, jadi pastikan Anda mengambil kesempatan ini dengan
kedua tangan.
Anda perlu menulis deskripsi yang
akan menarik pengguna. Deskripsi yang membosankan akan membuat mereka pergi
lebih cepat dari apa pun. Jadikan profil Anda menyenangkan dan menarik.
Tunjukkan kepada pengguna bahwa Anda adalah bagian dari getaran "anak
keren" dan bahwa Anda akan memberi mereka konten yang menghibur.
Saat
Anda menyiapkan profil Anda, jadikan itu akun Pro. Ini gratis untuk dilakukan
dan manfaat utama dari ini adalah Anda akan memiliki akses ke analitik TikTok
yang akan menunjukkan seberapa baik kinerja profil dan pos individu Anda di
platform.
Tidak
ada yang akan terkesan dengan profil di TikTok yang tidak memiliki pengikut.
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengikut adalah mulai dengan
mengikuti orang lain. Luangkan waktu untuk mencari video di TikTok dan jika
Anda menikmatinya, ikuti penggunanya.
Kemungkinan
akan ada pengguna TikTok lain di ceruk pasar Anda, jadi mulailah mengikuti
mereka. Dari orang yang Anda ikuti, persentase dari mereka akan mengikuti Anda
kembali. Cobalah untuk menemukan pengguna TikTok yang memiliki banyak pengikut
dan ikuti mereka. Saat Anda melakukan ini, pastikan untuk menambahkan komentar
yang bagus di beberapa kiriman video mereka.
Ini
akan membantu Anda memulai hubungan dengan orang-orang ini. Mereka akan
menghargai komentar Anda dan pasti akan memeriksa profil dan video Anda. Anda
dapat menggunakan hubungan Anda dengan mereka yang memiliki banyak pengikut
dengan bekerja sama dengan mereka untuk menyebarkan berita tentang merek Anda.
Ada
berbagai jenis video di TikTok dan beberapa lebih populer daripada yang lain.
Kesamaan dari semua video yang sukses adalah bahwa video tersebut menyenangkan
dan menghibur bagi pengguna. Anda tidak akan menemukan peragaan slide dan video
narasi yang sukses di platform ini karena terlalu membosankan bagi penonton.
Video
musik sangat populer. TikTok memperoleh platform Musical.ly yang semuanya
tentang memposting video sinkronisasi bibir untuk lagu-lagu terkenal. Jadi,
Anda tidak akan terkejut bahwa video musik mini dan bahkan video montase musik
sangat populer.
Banyak
video paling populer di TikTok memiliki unsur komedi. Membuat orang tertawa
selalu diminati. Ada beberapa video komedi yang sangat kreatif di platform ini
dan selalu mendapat tanggapan yang baik.
Memang tidak mudah untuk membuat
video lucu, tetapi jika Anda berusaha maka Anda akan dihargai dengan banyak
hati (suka) dan banyak pengikut. Pikirkan situasi lucu yang melibatkan merek
Anda dan buat video pendek dengan musik latar yang sesuai dan Anda dapat
memiliki kiriman viral berikutnya.
Salah
satu hal hebat tentang platform TikTok adalah banyaknya efek khusus yang dapat
Anda gunakan dalam video Anda. Misalnya jika Anda ingin mempercepat atau
memperlambat video maka Anda dapat melakukannya dengan mudah.
Ada
beberapa filter wajah hebat yang tersedia dan efek lain yang benar-benar dapat
membuat video Anda menonjol. Anda tidak mencoba membuat blockbuster Hollywood
di sini. Pelajari saja semua efeknya dan gunakan sesering mungkin.
Fitur
inovatif lain dari TikTok adalah fitur Duet. Di sini Anda dapat menggunakan
video lain dan membuat video baru sehingga berdiri "berdampingan".
Video reaksi populer di TikTok. Di sinilah seseorang bereaksi terhadap video
orang lain.
Dengan
Duet berdampingan Anda benar-benar dapat mengekspresikan perasaan Anda dan
pengguna TikTok suka menonton ini. Fitur Duet sangat populer di platform
Musical.ly dan terus berlanjut di TikTok. Jadi cari tahu cara menggunakan fitur
Duet dan menggunakannya dalam pemasaran Anda.
Pengguna
TikTok sangat menikmati tantangan. Jadi, Anda dapat memberi mereka video
tantangan khusus. Tantangan harus berupa sesuatu yang ingin diikuti oleh
pengguna dan memiliki tingkat kesulitan sehingga itu benar-benar sebuah
tantangan.
Salah
satu contoh terbaiknya adalah #tumbleweedchallenge yang diposting oleh Jimmy
Fallon dari Pertunjukan Malam Ini. Dia meminta pengguna TikTok untuk
menjatuhkan diri ke lantai dan berguling seperti tumbleweed di tempat umum. Ini
sangat populer sehingga ada lebih dari 8.000 video yang dibuat oleh pengguna
dan tagar tersebut mendapatkan lebih dari 10 juta keterlibatan.
Dengan TikTok Anda dapat merekam
video "on the fly" dan kemudian segera mempostingnya. Beberapa di
antaranya bekerja dengan cukup baik tetapi kebanyakan tidak. Kami menyarankan
Anda merencanakan konten yang akan Anda posting di platform. Bahkan video
berdurasi 15 detik memerlukan pemikiran sebelum Anda membuatnya dan
mempostingnya.
Saat
memikirkan konten yang akan Anda tambahkan ke akun TikTok Anda, selalu fokus
pada keterlibatan. Setelah Anda mulai membuat video menarik yang sangat disukai
pengguna TikTok, mereka akan menginginkan lebih dan lebih dari Anda.
Anda
benar-benar harus konsisten dengan postingan video TikTok Anda. Banyak pemasar
membuat kesalahan dengan memposting banyak konten dalam 2 hingga 3 minggu
pertama dan kemudian mereka kehabisan ide dan tidak memposting apa pun untuk
waktu yang sangat lama. Sangat mudah bagi Anda untuk benar-benar dilupakan di
platform meskipun video awal Anda sangat bagus.
Pikirkan
tentang seberapa sering Anda siap membuat video dan mempostingnya di TikTok.
Jika ini adalah mingguan untuk memulai maka pertahankan itu. Jika Anda mulai
memposting setiap hari, pengikut Anda akan mengharapkan Anda membuat video baru
setiap hari. Jadi jangan kecewakan mereka dan kelola ekspektasi sejak awal.
Kami
menyarankan Anda mencoba platform TikTok selama 3 bulan untuk melihat apakah
itu tepat untuk bisnis Anda. Anda harus berkomitmen pada waktu itu dan
mengunggah video terbaik yang Anda bisa secara teratur. Jika Anda ingin
melanjutkan setelah waktu ini, buat jadwal untuk membuat dan memposting video
Anda dan patuhi itu.
Jangan
pernah meremehkan kekuatan tagar di TikTok. Ya, mereka juga penting di platform
media sosial lainnya, tetapi di TikTok, tagar yang tepat benar-benar dapat
berarti perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.
Anda
harus selalu menggunakan tagar yang tepat di semua postingan video Anda.
Sebaiknya kategorikan konten Anda di TikTok, jadi gunakan tagar untuk efek yang
baik di sini juga. Anda ingin menggunakan tagar yang akan menjelaskan tentang
video Anda.
Saat
Anda menggunakan tagar yang tepat, Anda akan mendapatkan lebih banyak eksposur
dan suka (hati) di TikTok. Dengan menggunakan tagar yang menjelaskan kepada
pengguna tentang video Anda dengan benar, dan mengonfirmasinya dengan video
Anda, Anda akan membangun tingkat kepercayaan Anda. Jangan pernah menggunakan
tagar yang tidak relevan atau menyesatkan di platform.
Ada
banyak pengguna TikTok yang mencari jenis konten tertentu. Hashtag adalah cara
bagi mereka untuk menemukan konten yang mereka inginkan. Jika tagar Anda
relevan dan video Anda bagus maka Anda akan meningkatkan pengikut Anda.
Anda
memiliki sejumlah cara berbeda untuk menemukan tagar terbaik. Yang pertama
adalah untuk benar-benar mengenal audiens Anda. Jika Anda tahu bahwa sebagian
dari mereka mengikuti tagar tertentu di TikTok, gunakan ini juga. Jika Anda
hanya menggunakan tagar acak maka audiens Anda tidak akan menghargai ini.
Setelah
Anda mengetahui apa yang benar-benar diinginkan audiens, Anda dapat
memberikannya kepada mereka di video Anda dan menggunakan tagar yang tepat
untuk membantu mereka menemukan konten Anda. Setelah Anda membangun pengikut
dan memiliki hubungan yang kuat dengan audiens Anda, Anda dapat mulai
menggunakan tagar khusus yang secara khusus terkait dengan merek Anda.
Ada
influencer di TikTok yang memiliki jutaan pengikut. Tagar apa yang mereka
gunakan? Penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk belajar dari para
influencer ini. Mereka jelas tahu apa yang mereka lakukan atau mereka tidak
akan memiliki audiens yang begitu besar.
Perhatikan
baik-baik tagar yang digunakan influencer dan tren yang mereka tunggangi. Lihat
postingan terpopuler mereka dan kenali tagarnya di sini. Anda juga dapat
melihat beberapa postingan mereka yang tidak berkinerja baik sehingga Anda
dapat menghindari kesalahan yang sama.
Jika
Anda memiliki pesaing yang sukses dengan TikTok, lihat juga tagar mereka.
Mereka mungkin akan menggunakan tagar yang sama dengan postingan mereka
sehingga cukup mudah bagi Anda untuk mengetahuinya.
Kami
tidak menyarankan Anda meniru pesaing Anda di sini. Teliti saja apa yang
berhasil untuk mereka dan lihat bagaimana hal ini dapat menginspirasi Anda
untuk memilih tagar yang tepat untuk postingan video Anda.
Ada
dua alat bagus yang dapat Anda gunakan untuk menemukan tagar yang bagus untuk
akun TikTok Anda. Yang pertama adalah Seekmetrics. Ada antarmuka yang mudah digunakan dengan alat ini dan
Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mengungkap ide hashtag untuk
posting Anda.
Yang
perlu Anda lakukan hanyalah mengetikkan kata kunci yang terkait dengan merek
dan produk Anda dan Anda akan menerima saran secara otomatis. Alat lain yang
melakukan fungsi serupa adalah Semua Hashtag.
Menggunakan
strategi pemasaran yang tepat dengan TikTok sangat penting untuk kesuksesan
Anda. Kami percaya bahwa ada 3 cara utama untuk memasarkan bisnis Anda di
TikTok yaitu:
1.
Anda membuat saluran bermerek Anda sendiri dan mengunggah video yang relevan
untuk ceruk pasar Anda 2. Anda dapat mengidentifikasi dan bekerja dengan
influencer di TikTok untuk meningkatkan jangkauan Anda di platform 3. Anda
dapat beriklan di TikTok
Pemasar paling berpengalaman
menggunakan kombinasi metode ini untuk mencapai kesuksesan.
Salah
satu strategi pemasaran terbaik di TikTok adalah tantangan tagar. Kami telah
menyebutkan ini sebelumnya dan kami akan membahasnya lagi di sini karena ini
benar-benar dapat bekerja dengan baik untuk Anda.
Anda
perlu membuat tantangan yang akan memotivasi pengguna TikTok untuk
berpartisipasi dan memiliki tingkat kesulitan. Jangan pernah menambahkan
tantangan hashtag yang begitu mudah sehingga semua orang bisa melakukannya. Ini
bukan tantangan, bukan?
Penting
juga bagi Anda untuk membuat tagar yang mudah diingat untuk tantangan Anda. Itu
perlu berhubungan dengan tantangan dan menjadi sesuatu yang mudah diingat
orang. Ketika Anda memikirkan tentang tantangan Anda, Anda perlu fokus pada
bagaimana itu akan menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan dan
terkait dengan merek Anda pada saat yang bersamaan.
Tantangan
terbaik menawarkan fleksibilitas pengguna. Ini berarti mereka dapat memunculkan
ide mereka sendiri tentang cara menyelesaikan tantangan. Jangan pernah
memberikan instruksi yang tepat tentang cara menyelesaikan tantangan. Berikan
saja dasar-dasarnya kepada pengguna dan biarkan mereka menemukan solusi mereka
sendiri.
Kami
telah memberi tahu Anda bahwa fitur Duet sangat populer, jadi pikirkan bagaimana
Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda. Anda ingin membuat video yang
ingin ditanggapi oleh banyak orang dengan membuat video mereka sendiri dan
menggunakan fitur Duet. Berikut adalah beberapa saran untuk video Duet:
Pengguna dapat melakukan
percakapan dengan video Anda
Pengguna dapat bernyanyi untuk
video Anda
Pengguna dapat memberi Anda tos
Pengguna dapat menyelesaikan
kalimat Anda
Kemungkinannya
hampir tak terbatas di sini. Jadi berpikirlah karena pengguna TikTok sangat
menyukai fitur Duet dan jika Anda menemukan beberapa ide bagus, Anda akan
mendapatkan banyak keterlibatan melalui ini.
Cara
terbaik untuk menyebarkan berita tentang merek dan produk Anda adalah dengan
menggunakan influencer TikTok. Akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk
mengidentifikasi pemberi pengaruh yang baik di TikTok sekarang karena
platformnya cukup baru.
Ada
influencer TikTok yang sudah memiliki jutaan pengikut. Saat Anda mencari
influencer yang tepat, selalu pikirkan tentang keaslian. Apakah mereka cocok
untuk merek Anda? Jika seorang influencer tidak menganggap merek Anda cocok
untuk mereka, maka mereka akan menolak Anda di TikTok. Di platform lain, mereka
mungkin tidak melakukan ini.
Beri
tahu influencer Anda bahwa Anda ingin mereka memamerkan produk Anda dengan cara
tertentu. Biarkan mereka mencari cara terbaik untuk melakukan ini dan membuat
beberapa video yang dapat Anda pilih. Jangan pernah mencoba memaksakan pendapat
Anda tentang video pada influencer TikTok.
Jadikan
misi Anda untuk membangun komunitas di TikTok. Jangan hanya membuat satu
tantangan hashtag dan kemudian berhenti begitu saja. Pikirkan tentang nada yang
ingin Anda ciptakan di sekitar merek Anda dan bangun komunitas Anda di sekitar
ini.
Salah
satu strategi paling efektif dengan TikTok adalah mendorong pengguna untuk
membuat konten mereka sendiri. Tantangan Hashtag melakukan ini seperti halnya
peluang Duet. Pengguna TikTok ingin berpartisipasi dan terlibat. Jadi pikirkan
tentang bagaimana Anda dapat memberi mereka kesempatan untuk berpartisipasi di
sekitar merek Anda.
Sasaran
Anda dengan konten buatan pengguna adalah untuk mendorong pengguna yang
menyukai dan terhubung dengan merek Anda untuk membuat dan membagikan video
mereka sendiri menggunakan atau berinteraksi dengan produk Anda dengan cara
tertentu. Ketika Anda dapat mencapai ini, Anda akan mendapatkan banyak
keterlibatan.
Setelah
Anda membuat video dan mempostingnya di TikTok, posting juga di saluran media
sosial Anda yang lain. Saat ini kompilasi video TikTok sangat populer di
YouTube misalnya. Ini akan bekerja dengan baik di Facebook dan platform lain
juga.
Sangat
penting bagi Anda untuk memahami seberapa baik kinerja profil TikTok Anda. Anda
juga perlu mengetahui video mana yang berperforma terbaik dan mana yang
berperforma buruk. Ada cara mudah untuk melakukan ini menggunakan analitik yang
ada di dalam platform TikTok.
Anda
dapat menelusuri dengan analitik TikTok untuk melihat metrik yang berguna untuk
setiap postingan video Anda. Hal ini berguna untuk menilai apakah konten
tersebut bagus atau tidak, apakah Anda menggunakan hashtag yang tepat dan lain
sebagainya.
Lalu
ada pengikut Anda. Apakah tumbuh atau menurun? Dari mana pengikut Anda berasal?
Analisis TikTok akan menunjukkan semua ini kepada Anda. Ini akan memberi tahu
Anda dari negara mana pengikut Anda berasal berdasarkan persentase. Anda dapat
menggunakan informasi ini untuk melihat bagaimana pengikut dari negara tertentu
selaras dengan konten Anda.
Dengan
bagian Wawasan Konten, Anda bisa mendapatkan informasi paling kaya tentang
semua kiriman video Anda. Anda dapat melihat berapa banyak video Anda yang
menjadi tren di halaman "Untuk Anda" misalnya dan apa hasilnya dalam
hal penayangan dan suka.
Berikut adalah informasi yang bisa
Anda dapatkan di setiap postingan video Anda:
Jumlah hati (suka) untuk postingan tersebut
Total komentar untuk posting
Jumlah pembagian untuk pos
Total waktu pemutaran video
Total penayangan video
Waktu tonton rata-rata
Sumber lalu lintas
Wilayah penonton
Dengan Total hati (suka) untuk
postingan tersebut
Jumlah pembagian untuk pos
Total waktu pemutaran video
Total penayangan video
Waktu tonton rata-rata
Sumber lalu lintas
Wilayah penonton
Dengan
analitik TikTok, Anda dapat melihat apa yang terjadi di akun Anda selama
periode 7 hari atau 28 hari. Ketika Anda memeriksa kinerja profil Anda, Anda
dapat mengetahui rata-rata berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna yang baru
mengenal konten Anda untuk mengikuti Anda. Ini akan membuat memprediksi hasil
kampanye pemasaran tertentu jauh lebih mudah.
Sekarang
setelah Anda mengetahui 8 rahasia sukses pemasaran dengan TikTok, Anda perlu
mengambil tindakan dan mulai memanfaatkan platform untuk mendapatkan hasil yang
Anda inginkan. Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa pengguna TikTok tidak
suka dijual, jadi jangan pernah mencoba untuk mendorong produk atau layanan
Anda kepada mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar